fbpx

Apa itu Digital Marketing? dan Bagaimana Cara Menggunakan Digital Marketing?

Digital Marketing, atau pemasaran dalam di era digital sering kita dengar terutama bagi para pengusaha akhir-akhir ini yang berbanding lurus dengan perkembangan teknologi saat ini. Pengaruhnya perkembangan teknologi saat ini yang membuat banyak manusia dengan berbagai kebutuhannya memanfaatkan teknologi sehingga bagi para pengusaha disini juga terletak banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan sehingga dapat dikorvesikan dalam bentuk keuntungan usaha.

Semakin meningkatnya ketergantungan manusia terhadap teknologi maka akan semakin luas pula peluang usaha yang bisa dilakukan menggunakan media digital, salah satunya untuk dibidang marketing yang memiliki aspek penting dalam perjalanan sebuah usaha. Semakin banyak perusahaan-perusahaan yang meningkatkan kinerja divisi marketing dengan platform-platform digital atau bahkan memiliki divisi khusus yang bertanggung jawab pada market perusahaan di sosial media misalnya, selain itu ada juga perusahaan mulai bermunculan yang menawarkan jasanya untuk membantu pemasaran produk anda salah satunya hoscloud memberikan jasa konsultasi pemasaran digital terbaik.

Sebelum memanfaatkan digital marketing ada baiknya kita mengenal lebih jauh apa itu digital marketig. Pada umumnya orang akan mengganggap digital marketing adalah memasang iklan di sosial media atau hanya berjualan melalui internet, dan sebenarnya ruang lingkup digital marketing lebih luas dari sosial media saja.

Marketing, atau dalam bahasa indonesia ‘pemasaran’ dalam laman wikipedia disebutkan adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Dari deskripsi tersebut sudah jelas bahwa pemasaran yang sering kita dengar terjadi pada sebuah perusahaan diperuntukan dalam usaha meningkatkan keuntungan dengan pemasaran sesuai target.

Digital, untuk kata digital sebenarnya lebih umum lagi dapat kita artikan tidak seperti akhir-akhir ini kata digital lebih sering dikaitkan dengan internet, website atau aplikasi yang perbedaannya bisa dilihat pada artikel perbedaan website, software, sistem dan aplikasi. Kata digital sendiri dalam bahasa yunani diartikan jari jemari, jari berjumlah 10 maka digital digunakan untuk menggambarkan angka 1 dan angka 0 yang menjadi bilangan biner dalam sistem komputerisasi. Digital lebih luas lagi bisa kita pahami segala sesuatu yang menggunakan sistem biner misalnya saklar lampu dengan kondisi on/off bahkan bisa juga diartikan dalam sistem digital kuno yang tidak menggunakan biner dan masih kita jumpai sampai saat ini misalnya sandi morse.

Digital Marketing, dan akhirnya jika kita merujuk dari deskripsi diatas dapat kita ambil kesimpulan digital marketing atau pemasaran digital merupakan sebuah cara untuk mempromosikan dengan memanfaatkan media digital. Media digital yang dimaksud tidak hanyak internet, termasuk juga televisi atau radio sekalipun.

Beberapa cara digital marketing yang sering digunakan :

Jika pemasaran dengan televisi bahkan radio termasuk digital marketing lalu kenapa istilah digital marketing baru mulai ramai digunakan, jawabannya adalah karena perkembangan internet yang begitu cepat dengan pengguna yang juga semakin meningkat dan pemasaran dengan internet juga ramai digunakan akhirnya untuk membedakan pemasaran di dunia maya dengan pemasaran yang menggunakan media cetak misal spanduk, banner, selebaran atau yang lainnya maka terciptalah istilah tersebut ditengah masyarakat.

  1. SEM

Search Engine Marketing (SEM), merupakan teknik pemasaran digital yang menggunakan mesin pencari (search engine) semisal Google sebagai media marketing. Dari jumlah pengguna yang saat ini semakin tergantung dengan mesin pencari untuk melakukan kegiatan apa saja, maka pemasaran menggunakan fitur yang disediakan mesin pencari itu sendiri sangat berpengaruh jadi sederhananya ketika pengguna mencari dengan kata kunci tertentu maka promosi anda yang akan dilihat oleh pengguna sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Untuk Google sendiri menyediakan GoogleAds sebagai tempat pengguna untuk membuat iklan.

  1. SEO

Search Engine Optimation (SEO), hampir sama dengan SEM bahkan bisa dikatakan berkaitan karena masih menggunakan mesin pencari sebagai medianya. Bedanya adalah pada kata akhirnya marketing dan optimation, secara sederhana bisa kita artikan SEM sendiri memanfaatkan fitur yang disediakan oleh mesin pencari itu sendiri misal GoogleAds sendangka SEO lebih kepada usaha kita untuk mengoptimalkan diri agar pengguna mudah menemukan kita dimesin pencari tersebut.

  1. SMM

Social Media Marketing (SMM), dari arti katanya kita bisa pahami bahwa cara pemasaran yang satu ini menggunakan sosial media sebagai alat yang digunakan. Sosial media sendiri sekarang ini berkembang dengan pesat, mulai dari platform yang banyak bermunculan dan jumlah pengguna yang terus meningkat. Salah satunya yang paling sering digunakan Facebook, disini facebook memiliki banyak pengguna dan data masing-masing pengguna sosial media tersebut misalnya kesukaan, lokasi, umur dan lainnya maka kita dapat memasang iklan menyesuaikan dengan target pasar yang diinginkan, untuk itu facebook sendiri memiliki fitur Facebook Business jika kita tertarik memasang iklan di facebook. Hoscloud memberikan jasa iklan di sosial media dengan berbagai penawaran menarik untuk usaha.

  1. Email Marketing

Email sudah menjadi kebutuhan penting saat ini, bahkan sebelum perkembangan sosial media seperti sekarang. Email sendiri adalah sarana mengirimkan surat melalui jalur komunikasi seperti internet yang sudah mulai ada sejak tahun 1980-an. Email marketing digunakan untuk memberikan berbagai informasi seperti diskon, event atau pengenalan produk kepada pengguna email. Tentu saja kita sudah sering kali menerima email yang berisi promosi bahkan terkadang juga email spam atau junk email (email sampah) yang dikirim kebanyak orang yang berisi informasi yang bisa dikatakan tidak sesuai dengan kriteria provider email tersebut misalnya undian, penipuan atau informasi palsu lain.

  1. Affiliate marketing

Sistem affiliate atau afiliasi ini secara sederhana dapat dipahami sebagai sebuah sistem bisnis dengan membayar orang yang berhasil menjual produk atau jasa tertentu. Dalam contoh kasusnya jika anda pengguna suatu platform, kemudian jika anda mampu mengajak teman ikut menggunakan platform tersebut malalui kode referal maka anda akan mendapat diskon atau promo lainnya, hal ini tentu bisa menggiurkan bagi para pengguna yang sudah ada untuk mengajak teman-temannya. Meskipun konsep bisnis ini telihat kuno atau sederhana namun dalam prakteknya sangat memberikan pengaruh bahkan salah satu perusahan startup yang mulai beranjak menjadi perusahaan besar di Indonesia contohnya Gojek menerapkan konsep ini untuk meningkatkan keuntungan.

  1. SMS

Short Message Service atau pesan singkat biasa kita terima di handphone juga bisa digunakan sebagai media marketing. Sampai saat ini meskipun pengguna sms tidak terlalu tinggi karena sekarang orang akan lebih senang menggunakan internet, namun kita masih tetap menerima promosi melalui sms bahkan perusahaan-perusahaan besar juga menggunakan media ini. Alasannya sangat sederhana, karena pengiriman pesan dengan sms tidak terbatas dengan kuota penerima jadi artinya lebih besar kemungkinan pesan akan sampai. Untuk cara mengirimkan sms promosi kepada target pelanggan bisa hoscloud bantu dengan penawaran menarik.

  1. Video Marketing

Video masih menjadi cara yang patut dipertimbangkan, perkembangannya saja tidak terhenti pada tampil di layar televisi. Seperti sekarang ini ketika suatu perusahaan membuat video iklan tentang produknya dapat di tayangkan di televisi, sosial media dan youtube yang menjadi platform terbesar saat ini dalam konten video. Namun pembuatan video tidak mudah terutama video marketing untuk tujuan iklan, silahkan menghubungi hoslcoud untuk konsultasi lebih lanjut jika anda tertarik untuk membuat video marketing untuk iklan produk maupun video company profile.

Perkembangan teknologi akan terus berkembang, sejalan dengan itu kebiasaan pengunanya juga akan terus berubah maka teknik pemasarannya juga akan selalu berkembang. Kita akan disuguhi banyak hal baru dalam dunia marketing khususnya digital marketing yang memadukan teknologi untuk tujuan pemasaran. Misalnya beberapa yang mulai berkembang ramai digunakan untuk digital marketing dengan aplikasi chatbot, omnichannel marketing, pencarian suara (voice search), kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis
Share via
Copy link
Powered by Social Snap